PENGARUH EDUKASI KESEHATAN BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MELAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA LUKA KULIT, LUKA BAKAR, TERSEDAK, DAN PERDARAHAN DI SMP NEGERI 1 KALISAT

Main Article Content

Rizka Ainul
Feri Ekaprasetya
Jamhariyah Jamhariyah

Abstract

ABSTRAK


 Latar Belakang: Motivasi dalam melakukan pertolongan pertama merupakan suatu dorongan dari dalam maupun luar diri individu untuk melakukan pertolongan pertama pada korban. Sangat penting adanya pertolongan pertama pada korban cedera luka kulit, luka bakar, tersedak, dan perdarahan agar membantu harapan hidup korban dan mencegah kecacatan jika korban mendapatkan pertolongan pertama dengan baik dan benar. Kejadian tertinggi cedera terjadi pada kelompok usia 5-14 tahun sebanyak 182.338 jiwa (12,1%). Namun, motivasi siswa dalam melakukan pertolongan pertama saat ini masih membutuhkan perhatian karena masih adanya siswa SMP yang masih kurang memiliki motivasi melakukan pertolongan pertama.


Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan berbasis audio visual terhadap motivasi siswa dalam melakukan pertolongan pertama di SMP Negeri 1 Kalisat.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-eksperimental dengan one group pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kalisat kelas VII. Sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa dengan teknik probability sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.


Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1 siswa memiliki motivasi yang kurang (2,9%), dan mayoritas responden memiliki motivasi dalam kategori sedang sebanyak  3 siswa (88,2%), 3 siswa dalam kategori motivasi tinggi (8,9%). Sesudah diberikan edukasi kesehatan motivasi siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 34 siswa (100%). Hasil uji menggunakan Wilcoxon diperoleh nilai p value <0,000 (p<0,05), yang artinya ada pengaruh edukasi audio visual terhadap motivasi siswa dalam melakukan pertolongan pertama pada cedera.


Kesimpulan: Adanya perubahan yang positif dari motivasi siswa dalam melakukan pertolongan pertama karena adanya pemberian edukasi kesehatan menggunakan audio visual. Diharapkan pemberian edukasi menggunakan audio visual dapat terus dilakukan agar motivasi siswa mengalami peningkatan.

Article Details

Section
Articles